Wednesday 10 August 2011

Program Pemberdayaan Siswa dan Masyarakat

Kabupaten Lebak kaya akan sumber daya alam, khususnya kayu. Perusahaan penggergajian kayu di daerah Lebak banyak menghasilkan limbah kayu hasil gergaji yang sangat cocok untuk dijadikan media hidup jamur tiram. Selain serbuk gergaji, untuk menambah nutrisi media tersebut dilengkapi dengan dedak yang juga banyak tersedia di Lebak ini.

Dengan melihat potensi yang ada di Kabupaten Lebak, maka agrobisnis jamur tiram sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu sumber lapangan pekerjaan. Agrobisnis ini selain dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar, juga dapat mengurangi limbah, dan yang terpenting dapat merangsang kreatifitas dan etos kerja siswa putus sekolah sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, khususnya di Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

SMP Negeri Satu Atap 6 Sajira yang dipimpin oleh Drs. Ahmad Yamin menjalankan Program Pendidikan Keterampilan budidaya Jamur tiram di sekolah, siswa mengikuti program ini selepas jam sekolah sampai sore hari. Seiring berjalannya waktu, pesanan jamur pun kian banyak dan pihak sekolah kewalahan dalam memenuhi pesanan tersebut dikarenakan sarana dan prasarana di sekolah yang kurang menunjang.

Melihat hal ini, Kabid Dikmen SMP/SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak yaitu Drs. H. Asep Komar Hidayat, M.Pd. memfasilitasinya dengan dibuatkannya kumbung (bangunan jamur) beserta tempat kegiatan praktek yang lebih luas di daerah Asem, Kec. Warung Gunung, Kabupaten Lebak. Dengan dibangunnya tempat praktek tersebut, diharapkan dapat melatih siswa lebih banyak, baik siswa SMP, SMA maupun SMK, selain itu, juga dapat memberdayakan masyarakat sekitar, sehingga semakin banyak siswa atau masyarakat yang terampil

No comments:

Post a Comment

Tutorial Cara Membuat Bibit Jamur Tiram 3 Yang masih belum faham cara membuat bibit jamur tiram, silahkan disimak proses pembuatannya mul...